Selamat Datang di STIKES Telogorejo Semarang

Jl. Puri Anjasmoro / Jl. Yos Sudarso Semarang 50144 Nomor Telepon: 024 76632823, 76632825 Nomor Fax : 024 76632939 Email: humas@stikestelogorejo.ac.id
Selamat Datang di STIKES Telogorejo Semarang

Tahun Akademik 2018/2019

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru

Daftar Sekarang
Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru

Core Value Telogorejo

Core Value Telogorejo

Logo baru STIKES Telogorejo

Logo baru ini menandakan STIKES Telogorejo yang berani dan dinamis dengan visi Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan terdepan dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dengan memberikan pendidikan kesehatan terbaik untuk masyarakat
Logo baru STIKES Telogorejo

Program Beasiswa

Sejak tahun 2012 Yayasan Kesehatan Telogorejo mempunyai program beasiswa untuk 10 anak Indonesia Timur. Anak-anak ini dipilih setelah melalui seleksi di daerahnya untuk kemudian dididik dan diberikan akomodasi hingga menyelesaikan studi menjadi tenaga ahli kesehatan. Setelah itu mereka harus kembali ke daerah asal untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Yayasan Kesehatan Telogorejo juga mempunyai progam beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu tiap semester.
Program Beasiswa

Fasilitas Laboratorium

terlengkap di Jawa Tengah

STIKES Telogorejo merupakan salah satu sekolah tinggi ilmu kesehatan yang memiliki laboratorium terlengkap di Jawa Tengah
Fasilitas Laboratorium

Penunjang Praktek Utama Mahasiswa

Untuk menunjang kegiatan praktek mahasiswanya, STIKES Telogorejo menggunakan rumah sakit sendiri yaitu Rumah Sakit Telogorejo yang merupakan salah satu rumah sakit bertaraf internasional dan terbesar di Jawa Tengah sebagai penunjang praktek utama mahasiswa dan beberapa rumah sakit mitra sebagai lahan praktek.
Penunjang Praktek Utama Mahasiswa

STIKESTELOGOREJO.AC.ID -Dalam rangka up date knowledge dan menambah wawasan pengetahuan bagi mahasiswa dan dosen, Program studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo menyelenggarakan kuliah Umum pada hari Rabu, 10 Oktober 2018 bertempat di ruang teater, adapun tema yang diambil pada Kuliah Umum ini adalah “Good Pharmacy Practice for Patient Safety”. Tema ini diambil sesuai dengan Visi Program Studi S-1 Farmasi yaitu memberikan pendidikan kefarmasian dalam menghasilkan sarjana farmasi profesional dan unggul di bidang pharmaceutical care untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. 

Kuliah umum dibuka oleh dr. Swanny Trikajanti T, M.Kes.,Ph.D. selaku wakil ketua STIKES Telogorejo. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini baik bagi mahasiswa STIKES Telogorejo, karena pada akhirnya semua tenaga kesehatan harus memahami dan mengimplementasikan patient safety, dan khususnya bagi tenaga kesehatan kefarmasian, yang memegang peran yang sangat besar dalam mencegah terjadinya medication error yang membahayakan keselamatan pasien.

Pada kuliah umum ini hadir Dra. Tunik Saptawati, Apt.M.Si.Med, ketua Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo dan Winda Trisnawati, M.Farm., Apt, seorang Drug Consultant dan Praktisi Farmasi Klinik Rumah Sakit Premiere Jakarta sebagai narasumber.

Dalam paparannya tentang Perguruan Tinggi Farmasi dan Patient Safety, Tunik menyampaikan bahwa Perguruan tinggi Farmasi yang nantinya akan meluluskan farmasis-farmasis, dalam penyelenggaraan pendidikannya harus menerapkan kurikulum yang sesuai dengan paradigma kefarmasian ”patient oriented” yang nantinya bisa dimplementasikan dalam mewujudkan patient safety. Beberapa penelitian menunjukan bahwa hampir separoh dari kematian di Rumah sakit terjadi akibat medical error. Guna meminimalkan medication error,  Farmasis harus dibekali dengan pembelajaran kelilmuan farmasi dengan metode baik teori, praktik laboratorium maupun pembelajaran klinik yang seimbang. Selain itu diperlukan juga interprofesional education karena dalam praktik kefarmasian tidak terlepas dari kolaborasi dengan profesi kesehatan lain. Dengan bekal knowledge dan skill yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta attitude yang baik, farmasis akan dapat melakukan praktik kefarmasian yang baik, melakukan asuhan kefarmasian yang baik dan benar sehingga dapat diminimalkan terjadinya medication error dan tercapainya patient safety.

Sebagai seorang drug consultant dan praktisi klinik rumah sakit, Winda Trisnawati memaparkan praktik-praktik kefarmasian di rumah sakit dan contoh-contoh implementasi patient safety. Disampaikan semua bagian sumber daya manusia di rumah sakit ikut andil dalam patient safety, mulai dari dokter, farmasis, perawat, bidan, bagian gizi maupun bagian non medis. Insiden yang terjadi menyangkut keselamatan pasien terbagi menjadi kejadian yang tidak diinginkan (KTD). Kejadian nyaris cedera (KNC) dan kejadian sentinel (KS). Bagian farmasi memegang peran yang besar dalam patient safety khususnya dalam medication. Medication error yang membahayakan keselamatan pasien dapat terjadi pada praktik kefarmasian dalam tahap, ordering, prescribing, transcribing, disepensing maupun communication. Oleh sebab itu seorang farmasis harus melakukan “good pharmacy practice”  serta berkomunikasi dengan baik, antar maupun inter profesi untuk mewujudkan keselamatan pasien.

Peserta kuliah umum tidak hanya dari mahasiswa Program Studi S-1 Farmasi akan tetapi juga dari mahasiswa S-1 Ilmu Keperawatan dan Ners, D3 Keperawatan , D3 Kebidanan , serta para dosen STIKES Telogorejo dan praktisi farmasi dari SMC RS Telogorejo, terlihat mengikuti kuliah ini dengan antusias dan pada sesi terakhir ada diskusi yang cukup menarik antara peserta dengan pemateri.

Kegiatan ini diakhiri dengan menyanyikan lagu bangun Pemudi pemuda sebagai simbul bahwa mahasiswa sebagai pemuda harapan bangsa siap dan semangat berinovasi, terus belajar memperkaya diri dengan ilmu dan ketrampilan untuk ke depan berkarya guna meningkatkan kualitas hidup manusia khususnya melalui bidang kesehatan.

Ditulis oleh   : Tunik Saptawati